Laman

Jumat, 04 Juni 2010

tips UTM IPB

nah, gue menepati janji buat ngepost kan????

sekarang, gue bakal ngasih tips buat UTM IPB. tapi, denger-denger katanya taun depan UN bakal disatuin sama SNMPTN, dan kemungkinan nggak bakal ada ujian mandiri dari tiap universitas kaya UTUL UGM, USM ITB, SIMAK UI, sama, ya UTM IPB. biarin ah gue tetep ngepost. lagian kan belom tentu juga itu bakal terjadi. soalnya gue pribadi gak setuju kalo UN sam SNMPTN disatuin. soalnya kan tiap universitas memiliki standard yang berbeda-beda buat menjaring calon mahasiswa/mahasiswi. nah, kalo UN disatuin sama SNMPTN, ehm, bisa aja sih. asal masih ada ujian mandiri dari tiap Univ, dan saat tidak ada lagi kecurangan saat UN. lha kan gak lucu kalo ada orang yang bisa masuk kedokteran karena nilainya gede, tapi itu dari hasil nyontek dia. buat masalah ini, mudah-mudahan sih pemerintah bisa berpikir dua, tiga atau ribuan kali.

nah, balik lagi. gue bakal ngasih beberapa tips buat UTM IPB ini.

Pertama, gue udah pernah nyari di internet contoh soal UTM IPB. tapi hasilnya nihil. gue sama sekali gak punya soal UTM. nah, waktu pas gue kerjain soalnya awal mei lalu sih, soalnya setipe sama soal SNMPTN. gue gak bilang gampang juga. lumayan lah. tapi kalo dibandingin sama soal SIMAK, USM, atau UMB sih, masih mending soal UTM sama soal UTUL (walaupun gue ga lulus UTUL gara-gara gue main-main waktu ngerjain dan gue lagi sakit. bodoh bener emang gue waktu itu). tapi tetep, belajar yang bener. tapi gausah belajar bahasa indonesia. soalnya lo gak bakal menemukan soal bahasa indonesia. kalo soal berbahasa indonesia sih 100%. hahahaha. soal kemampuan IPAnya juga bukan IPA terpadu, kok. sama kaya UTUL,lah. dan inget. soalnya ada sistem minus!! yah, sama kaya SNMPTN sama soal lain. kalo bener +4, kalo salah -1.

kedua. bedanya soal UTM IPB sama soal lain itu, di soal UTM ada tes kemampuan kewirausahaan dan kepemimpinan. soalnya gak susah kok. soal pengetahuan umum. isinya ya pengetahuan lo sama masalah-masalah yang lagi terjadi, tentang negara, bla bla bla. itungannya cuma ngisi deret matematika kok. waktu awalnya gue kerjain deret matematika, bisa setengahnya gak gue isi.untungnya masih ada waktu, jadi detik terakhir, cuma satu yang gak gue isi. nah, abis itu ada pertanyaan tentang diri lo mengenai kewirausahaan dan kepemimpinan. ya, tentang sifat lo, kesukaan lo, ehm, soalnya kaya soal skolastik gitu. yang bagian ini ga ada minus kok. jadi tenang aja. asal-asalan aja kalo lo nggak tau jawabannya. hahahaha. tapi kalo soal kepemimpinan dan kewirausahaannya jangan asal-asalan.

ketiga. nah, kalo ketiga ini gue ga bahas tentang soal lagi.
kalo lo anak Bogor, gue saranin, jangan sepelein waktu. jangan mentang-mentang lo orang Bogor, lo baru siap-siap sejam sebelum mulai. soalnya di daerah Dramaga itu, tempatnya macet banget kalo udah jam 7. mending lo siap-siap dari jam 6. kalo sampe IPBnya kepagian, kan lo bisa belajar di sana.
Tapi kalo lo dari luar Bogor, kalo mau ikut tes, mending lo cari tempat penginapan di deket IPB. udah gue bilang, kan kalo di Dramaga itu suka macet??? macetnya itu bukan gara-gara tes. mau tes atau nggak ada tes, di daerah IPB emang suka macet =______="

keempat. gue saranin semua yang disuruh buat ditempel, dipotong, itu udah dilakuin di rumah.walaupun gak di suruh.

kelima, bawa makanan. soalnya pas tes kemaren gue gak bawa makanan dan di tengah-tengah tes perut gue keroncongan. selama tes lo nggak boleh keluar gedungnya.dan baru jam 1 lo baru bisa keluar.

ehm, kayanya sih itu aja. intinya gue cuma mau ngasih tips buat ngadepin soal UTM IPB ini. soalnya waktu gue mau tes, ga ada yang ngasih tips nih. nah mudah-mudahan, tips yang gue kasih bermanfaat.

ehm, kayanya gue mau lanjut ngepost deh.eh gajadi ah. gue pengen nonton film dulu. kayanya gue baru besok atau minggu nih ngepost pengalaman main gue ke UI. hahahaha. lagian kan gue gak mungkin jadi anak UI. soalnya gue udah janji, kalo gue masuk Ilmu Komputer IPB, gue bakal ngambil, walaupun gue juga diterima di UI. soalnya gue ngambilnya arsitektur nih. kan mendingan gue ambil Ilmu Komputer. hahahaha.

minna-san, arigatou gozaimasu.

17 komentar:

  1. trs buat persiapannya gw bs peljari soal apa kk??

    BalasHapus
  2. satu lg kk, trus buat lulus d ipb nya pake passing grade jg?? misalnya hrus tercapai nilai sekian... baru bisa lulus
    d jawab y kk, makasiyh

    BalasHapus
  3. aku juga mw nanya..
    test mapping itu gimana ya ?
    susah gak ?
    trus tes b.inggris na gmna ?
    ada tofel na gak ?

    BalasHapus
  4. masalah pesertanya gimana kak, apa membludak kayak UTUL?

    BalasHapus
  5. Wihiiiiiiii Keren parah :D
    terimakasih kakak ;)
    eh iya kakak ilkom ipb angkatan berapa kak? hhe

    BalasHapus
  6. kak mau tanya, untuk pesertanya gimana kak?
    persaingannya ketat banget ngga?
    kalo misal kita belajarnya dari kumpulan soal snmptn itu gimana kak? cukup nggak?
    makasiihh... :)

    BalasHapus
  7. makasih ya tips nya :) bener tuh nyari2 soal ga nemu2 -.- tapi krn ada post ini jadi ke bantu deh :D makasih yaa

    BalasHapus
  8. terima kasih karna telah berbagi pengalaman. :D

    BalasHapus
  9. kaka kalo smk jurusan multimedia bisa ikutan tes utm ipb ga?

    BalasHapus
  10. kak emang kalo masuk lewat jalur UTM harus diambil gitu ya kak? kok diwebnya ada tulisan "Peserta yang dinyatakan lulus ujian tertulis dan diterima oleh IPB, wajib melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan" ?

    BalasHapus
  11. mantap gan pengalamannya,terima kasih sudah berbagi :D

    BalasHapus
  12. untuk soal IPAnya masing2 ada berapa soal ka? (mtk,fis, kim, bio).
    bhs inggris brapa soal?

    BalasHapus